Juara Harapan 5

Pengaruh salep ekstrak daun sirih (Piper betle)

terhadap penyembuhan luka iris pada tikus putih jantan

(Rattus norvegicus)

Taufiq Nugroho. Muhammad Zuhdan Fannani

Dept. Bedah FK Universitas Islam Indonesia.

Yogyakarta

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Daun sirih (Piper betle) sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu untuk mengobati sariawan dan  luka. Namun belum ada bukti ilmiah tentang efek daun sirih untuk mempercepat proses penyembuhan luka iris pada hewan percobaan ataupun pada manusia.Dilakukan penelitian: untuk menguji pengaruh salep ekstrak daun sirih  terhadap penyembuhan luka iris pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus). Hipotesis : pemberian salep ekstrak daun sirih  akan mempercepat proses penyembuhan luka iris pada tikus putih jantan.

 

Metode : Penelitian ini menggunakan rancang penelitian eksperimental. Subjek penelitian dikelompokkan secara acak menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 ekor tikus putih jantan, tiap tikus dilukai sepanjang 2 cm sedalam 0,5 cm dan diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok I merupakan kelompok perlakuan dengan pemberian salep ekstrak daun sirih. Kelompok II merupakan kontrol positif dengan pemberian povidon iodine 10%, dan kelompok III adalah kontrol negative dengan pemberian vaselin album. Panjang luka masing-masing kelompok diukur dan diamati setiap hari hingga hari ke-14, kemudian data yang didapatkan dianalisis menggunakan Oneway Anova.

Hasil : Analisa statistik menggunakan Oneway Anova dengan tingkat kepercayaan (confidence Interval) yang digunakan adalah 99% (α = 0,01). Dengan tingkat kepercayaan α = 0,01 pada tabel F-ratio, F (2;27;0,01) adalah 5.49 dan pada hasil analisis dengan Anova, diperoleh F-ratio sebesar 151,683 sehingga F-ratio > F (2;27;0,01). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna di antara kelompok-kelompok perlakuan tersebut. Penelitian pada tikus putih jantan ini juga menunjukkan bahwa pemberian salep daun sirih pada kelompok I menjadikan kelompok ini memiliki rata-rata lama penyembuhan paling singkat yaitu 10,80 ± 0.422 hari.

Kesimpulan : Pemberian salep ekstrak daun sirih (Piper betle) dapat mempercepat penyembuhan luka iris pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus).

Kata Kunci : salep daun sirih, Piper betle, luka iris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Official web Tritonaward PPDS